6 April 2017

Biografi dan Sejarah GEORGE WASHINGTON Presiden Pertama Amerika Serikat

GEORGE WASHINGTON


Amerika Serikat yang kita kenal sebagai negara kapitalis yang mampu memonopoli negara-negara di belahan dunia termasuk salah satunya Indonesia. Sudah tahukah kamu, siapa sebenarnya Presiden pertama Amerika Serikat ? Ya, benar sekali ia adalah George Washington. 

George Washington lahir di Westmoreland County, Colony and Dominion of Virginia, Amerika Utara Britania, pada tanggal 22 Februari 1732. Ia meninggal dunia pada 14 Desember 1799, di Mount Vermon, Virginia, Amerika Serikat, tepatnya saat berusia 67 tahun. 

George Washington adalah Presiden Amerika Serikat dalam masa periode (1789-1797). Saat berusia 11 tahun, ia ditinggalkan oleh ayahnya untuk selamanya. George pada awalnya adalah berprofesi sebagai mantri ukur, kemudian ia masuk tentara saat berusia 21 tahun, dengan keteladanannya ia diangkat menjadi Letnan Kolonel saat mengikuti wajib militer yang diselenggarakan oleh Gubernur negara bagian Virginia. 

George Whasington telah menikah pada tahun 1759 dengan seorang wanita bernama Martha Dandridge Custis Washington. George sangat tekun dalam mengurus perkebunan yang ia miliki, perkebunannya itu sangat luas berada di Virginia dan kemudian ia beralih profesi menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Virginia, ia bertahan hingga Revolusi Amerika pecah. Ia juga aktif sebagai anggota perkumpulan rahasia Freemasonry.

Pada sat terjadi gejolak antara Amerika bagian Virginia dengan Inggris, ketika berusia 33 tahun George lebih mempertahankan dan memihak rakyat bagian Virginia dan telah memberontak melawan orang-orang Inggris yang telah mengeluarkan undang-undang yang menurut mereka tidak adanya keadilan. Ia kemudian bertugas untuk memimpin tentara Virginia.

Pada tahun 1775 George diangkat menjadi Panglima Tertinggi oleh Kongres Kontinental, yaitu merupakan Kongres ke-13 daerah jajahan Kerajaan inggris. Tepat pada tahun 1776 Revolusi Kemerdekaan Amerika telah pecah dan Kongres Kontinental pun mengeluarkan Deklarasi Kemerdekaan dan memisahkan diri dari Kerajaan Inggris.

Pada saat itu kepemimpinan George Washington telah berkontribusi banyak dalam keberhasilan daerah-daerah jajahan yang berada di Amerika dalam rangka memperjuangkan kemerdekaannya. Pada tahun 1783 Inggris telah mengakui kemerdekaan Amerika Serikat, ini artinya George Washington kemudian keluar dari profesinya sebagai tentara. Kemudian pada tahun 1787 ia menjadi Ketua Konvensi Konstitusional.

Pada tahun 1789 setelah konstitusi resmi disahkan, George telah dipilih melalui surat bulat untuk menjadi Presiden yang Pertama negara Amerika Serikat. Ia menjabat selama dua periode dari tahun 1789-1797, yang didampingi oleh Wakil Presiden bernama John Adams. George pada saat hendak meninggalkan jabatannya sebagai Presiden, ia banyak berpesan kepada rakyat Amerika Serikat agar segera meninggalkan rasa kepartaian dan rasa kedaerahan yang berlebih lebihan.

George saat berusia 67 tahun ternyata telah sampai pada akhir hayatnya. Ia meniggal dunia di Mount Vermont. Selama kehidupannya, ia tidak mempunyai anak kandung yang melainkan hanya anak angkat.



1 comment

Thanks for your comment, don't forget to subscribe
: D